Welcome To my Live

Makalah OOAD



CLASS DIAGRAM
(Makalah)
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah
Object Oriented Analysis dan Design
Dosen:
Dedeh Supriyanti, S.kom



Penyusun :
Rudi Septianto Nugroho (1314376660)
Manajemen Informatika
Web Grapic Design



Perguruan Tinggi Raharja
Tangerang, 2014





KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah, Puji dan syukur penyusun panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT dengan rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan sehingga penyusun mendapatkan kesempatan menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik .
Makalah ini dibuat dan diajukan guna memenuhi salah satu syarat kelulusan dalam mata kuliah Object Oriented Analysis dan Design yang diberi judul
“CLASS DIAGRAM”
            Tak lupa penyusun mengucapkan rasa terima kasih kepada:
1.      Orang tua tercinta yang telah memberikan dukungan moril dan materil kepada penyusun.
2.      Ibu Dedeh Supriyanti S.Kom, selaku dosen.
3.      Teman-teman saya yang telah membantu menyelesaikan tugas makalah ini.
4.      Semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tak langsung dan memberi perhatian kepada penyusun yang tentunya tidak dapat diucapkan satu persatu.
Tanpa perhatian dan dukungan itu, tentu saja penyusunan tugas makalah ini tidak dapat terselesaikan dengan baik.
      Penyusun sadar dan mengkui bahwa dalam penulisan Makalah ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya. Oleh sebab itu penyusun sangat mengharapkan seran dan kritik yang bermanfaat dan membangun dari semua pihak agar makalah ini menjadi lebih baik dan lebih berguna.
      Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua guna memajukan teknologi komputerisasi di Indonesia .
Amin.


Tangerang,18 November 2014


Penyusun


  



DAFTAR ISI

Kata pengantar        .............................................................................................   i
Daftar isi        .......................................................................................................    i
         BAB  I : PENDAHULUAN 
          1.1        Latar Belakang       ....................................................................................  1
          1.2        Rumusan Masalah            ........................................................................   1
1.3        Tujuan  Penulisan ......................................................................................  1.
2.4      Macam istilah yang mengacu pada Multiplicity ....................................   5                  
2.5      Pengertian Asosiasi Bidireksional         .............................................      6
2.6      pengertian Operasi            ....................................................................  7
2.7      Penjelasan Generalisasi  ........................................................................8
2.8      Contoh catatan dan komentar     ........................................................... 9
2.9      Penjelasan Ketergantungan................................................................... 10
BAB III : PENUTUP 
  3.1      Kesimpulan                       .................................................................... 12
3.2      Saran                       ............................................................................. 12
3.3      Daftar Pustaka       ................................................................................13



BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Class Diagram adalah salah satu bagian dari piranti lunak yang biasa di gunakan untuk pemodelan dalam pemograman yaitu UML (unified Modeling Language), yang sangat penting untuk pembuatan UML , Saat ini piranti lunak semakin luas dan besar lingkupnya, sehingga tidak bisa lagi dibuat asal-asalan. Piranti lunak saat ini seharusnya dirancang dengan memperhatikan hal-hal seperti scalability, security, dan eksekusi yang robust walaupun dalam kondisi yang sulit. Selain itu arsitekturnya harus didefinisikan dengan jelas, agar bug mudah ditemukan dan diperbaiki, bahkan oleh orang lain selain programmer aslinya. Keuntungan lain dari perencanaan arsitektur yang matang adalah dimungkinkannya penggunaan kembali modul atau komponen untuk aplikasi piranti lunak lain yang membutuhkan fungsionalitas yang sama.
Pemodelan (modeling) adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (coding). Model piranti lunak dapat dianalogikan seperti pembuatan blueprint pada pembangunan gedung. Membuat model dari sebuah sistem yang kompleks sangatlah penting karena kita tidak dapat memahami sistem semacam itu secara menyeluruh. Semakin komplek sebuah sistem, semakin penting pula penggunaan teknik pemodelan yang baik.
Dengan menggunakan model, diharapkan pengembangan piranti lunak dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan lengkap dan tepat, termasuk faktor-faktor seperti scalability, robustness, security, dan sebagainya. Untuk itulah penulis membuat makalah ini agar pembaca dapat memahami lebih dalam tentang sistem berorientasi objek khususnya dalam hal pemrograman.
1.2       Rumusan Masalah
Masalah-masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai berikut:
1     Apa yang dimaksud  Class Diagram ?
2     Apa saja fitur-fitur di dalam Class Diagram ?
3     Apa yang dimaksud Multiplicity ?
4     Apa yang dimaksud Asosiasi Bidireksional ?
5     Apa yang dimaksud operasi pada Class diagram ?
6     Apa itu Gerneralisasi ?
7     Bagaimana contoh gambar catatan dan komentar ?
8     Apa itu Ketergantungan ?
1.3       Tujuan
1.         Agar  pembacanya dapat memahami tentang Class Diagram.
2.         Agar pembacanya dapat mengetahui bagaimana mengaplikasikan Class diagram dalam pembuatan UML.



BAB II
PEMBAHASAN


2.1       Class Diagram

Class diagram adalah alat perancangan terbaik untuk tim pengembang. Diagram tersebut membantu pengembang mendapatkan struktur system sebelum kode ditulis, dan membantu untuk memastikan bahwa system adalah desain terbaik.
Class Diagram mendeskripsikan jenis-jenis objek dalam sistem dan berbagai macam hubungan statis yang terdapat diantara mereka. Class diagram juga menunjukkan properti dan operasi sebuah class dan batasan-batasan yang terdapat dalam hubungan-hubungan objek tersebut. UML menggunakan istilah fitur sebagai istilah umum yang meliputi properti dan operasi sebuah class.




2

2.2       Fitur-fitur Class Diagram
Properti mewakili fitur-fitur struktural dari sebuah class. Properti merupakan sebuah konsep tunggal, tetapi tampak seperti dua notasi yang sedikit berbeda : atribut dan asosiasi. Meskipun tampak berbeda dalam sebuah diagram tetapi sebenarnya adalah hal yang sama.
Notasi atribut mendeskripsikan properti dengan sebaris teks didalam kotak class tersebut
Contoh:
-name : string [1] = “untitled” {read only}
Keterangan :
   +/- = tanda visibility, + public / - private
  name = atribut, bagaimana class tersebut mengacu pada atribut
  string = tipe dari atribut, menunjukkan sebuah batasan tentang objek apa yang dapat diletakkan dalam atribut tersebut
   [1] = multiplicity
  untitled = devault value, nilai objek yang baru dibuat jika atribut tidak dispesifikasi selama pembuatannya
  {property string}, memungkinkan untuk menunjuk properti tambahan, misalnya read only yang berarti bahwa klien tidak dapat mengubah properti tersebut.

Asosiasi merupakan sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke class target. Nama properti bergerak sampai tujuan akhir sebuah asosiasi bersama dengan multiplicity. Tujuan akhir sebuah asosiasi menghubungkan dengan class yang merupakan jenis properti.
Properti dalam susunan atribut dapat digambarkan sebagai berikut:

Order
+dateReceived:Date[0..1]
+isPrepaid:Boolean[1]








2.3       Multiplicity



Multiplicity merupakan indikasi tentang berapa banyak objek yang akan mengisi properti. Multiplicity yang sering digunakan adalah:
   1 (contoh: satu pesanan hanya bisa untuk seorang pelanggan)
   0..1 (contoh: pelanggan perusahaan dapat memiliki seorang sales rep)
    *  (contoh: tidak ada jumlah maksimal / tidak terbatas berapa jumlah pesanan yang dapat dibuat oleh pelanggan)




4
Beberapa macam istilah yang mengacu pada multiplicity:
   Optional
Menunjukkan sebuah batas bawah yang bernilai nol (0)
   Mandatory
Menunjukkan sebuah batas bawah yang bernilai satu (1) atau mungkin lebih
   Single-valued
Menunjukkan sebuah batas atas yang bernilai satu (1)
   Multivalued
Menunjukkan sebuah batas atas yang bernilai lebih dari satu (1) dan biasanya ditulis dengan tanda *














5

2.4       Asosiasi Bidireksional
Asosiasi bidireksional adalah sepasang properti yang saling berhubungan satu sama lain.












               pemilik
 Orang  -----------------------------> mobil

                 0.1                           *


Sifat bidireksional ditunjukkan secara jelas dengan adanya panah navigasi pada kedua ujung asosiasi.









 

 











6


2.5       Operasi

  Operasi merupakan suatu kegiatan yang dimengerti sebuah class untuk dilakukan. Operasi secara jelas berhubungan dengan metode dalam sebuah class.
  Istilah lain yang sering digunakan pada operasi adalah metode tetapi sebenarnya tidak sama. Perbedaannya adalah operasi adalah hal yang diharapkan pada sebuah objek (deklarasi prosedur), sedangkan sebuah metode adalah bentuk prosedur.
  Dalam metode ada istilah getting dan setting. Metode getting akan mengembalikan nilai dari sebuh bidang (dan tidak melakukan hal lain selain itu) sedangkan metode setting meletakkan nilai kedalam sebuah bidang (dan tidak melakukan hal lain selain itu)
















7
2.5       Generalisasi
Contoh dari gambar class sebelumnya yang merupakan generalisasi melibatkan pelanggan perorangan dan pelanggan perusahaan. Keduanya mempunyai persamaan dan perbedaan. Persamaan tersebut dapat dimasukkan kedalam class pelanggan umum (supertype) dengan pelanggan perorangan dan pelanggan perusahaan sebagai subtype.
Dengan menggunakan perspektif perangkat lunak, interpretasi tersebut sudah termasuk: pelanggan perusahaan merupakan subclass dari pelanggan. Dalam object oriented subclass mewarisi semua fitur superclass dan dapat melakukan semua metode superclass.



















8
2.6       Catatan dan komentar
            Catatan merupakan komentar didalam diagram. Catatan-catatan dapat berdiri sendiri atau dihubungkan dengan garis hubung dan elemen yang di komentarinya.

\
              \
Text Box: {if Order.constumer.getCreditRating is”poor”then Order.isPrepaid must be true”                \



















9
2.7       Ketergantungan
            Sebuah ketergantungan muncul antara dua elemen jika perubahan definisi sebuah elemen dapat menyebabkan perubahan pada elemen lainnya. Dalam class ketergantungan muncul karena banyak hal, antara lain:
Salah satu class mengirim pesan ke class lain, salah satu class memiliki sebagaian data, salah satu class menyebut class lain sebagai parameter sebuah operasi. Jika sebuah class mengubah antarmukanya, setiap pesan yang dikirim ke class tersebut dapat menjadi tidak valid.
Ketergantungan di gambarkan dengan garis putus-putus.

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _



Banyak hubungan-hubungan UML menunjukkan ketergantungan. Asosiasi dengan kemampuan navigasi dari pesanan sampai ke pelanggan dalam gambar sebelumnya, berarti pesanan tersebut tidak tergantung pelanggan. Sebuah subclass tidak tergantung pada superclass-nya tetapi tidak sebaliknya.
Kata kunci dalam ketergantungan dapat dijelaskan sebagai berikut:






10















11






BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Class adalah deskripsi statik dan objek yang mungkin lahir pada saat eksekusi dan diagram adalah sebuah rancangan pemodelannya .
Class diagram adalah alat perancangan terbaik untuk tim pengembang. Diagram tersebut membantu pengembang mendapatkan struktur system sebelum kode ditulis, dan membantu untuk memastikan bahwa system adalah desain terbaik.
                                          

3.2 Saran
Class diagram digunakan untuk menampilkan kelas-kelas dan paket-paket di dalam system. Class diagram memberikan gambaran system secara statis dan relasi antar mereka. Biasanya, dibua beberapa class diagram untuk system tunggal. Beberapa diagram akan menampilkan subset dari kelas-kelas dan relasinya. Dapat dibuat beberapa diagram sesuai dengan yang diinginkan untuk mendapatkan gambaran lengkap terhadap system yang dibangun.












12
 


Dafatar Pustaka
2.       Muharitasks.wordpress.com
3.       Mrofiuddin.blogspot.com



 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar